[Tutorial] Membuat titik dan garis dengan OpenGL menggunakan Visual C++ / Visual Studio

Untuk yang baru berkenalan dengan OpenGL (saya pun baru mulai mempelajarinya) pasti masih kebingungan bagaimana membuat projek menggunakan OpenGL. Nah kali ini saya akan membagikan tutorial sederhana tetang bagaimana membuat titik dan garis dengan OpenGL. Pastikan kalian telah memiliki Ms. Visual Studio/Visual C++ ya, atau menggunakan IDE C++ lain pun boleh.

Langkah-langkah :

  1. Langkah pertama yaitu pastikan kalian mempunyai plugin OpenGL nya, untuk mendownload nya klik disini.
  2. Extract file
  3. copy file yang ada di folder lib ke C:Program FilesMicrosoft Visual Studio 9.0VClib
  4. copy folder GL yang berada di folder include ke C:Program FileMicrosoft Visual Studio 9.0VCinclude
  5. copy file yang ada di folder dll ke C:windowssystem32 (jika 32 bit), jika komputer kalian 64 bit copykan juga ke C:windowssysWOW64

Nah jika sudah mempunyai OpenGL bisa dilanjutkan ke langkah selanjutnya :

1. Buka Ms. Visual Studio / Visual C++ klik New project

2. Bagi yang menggunakan Visual Studio, pastikan kalian memilih Visual C++ di panel kiri, kemudian pilih Win32 Console Application,  beri nama belajar_OpenGL atau apapun lalu klik OK

 

3. Klik next lalu beri centang pada Empty Project kemudian klik Finish

4. Setelah itu tekan Alt+F7, buka Configuration Properties > Linker > Input,  lalu isikan opengl32.lib glu32.lib glaux32.lib di kolom Additional Dependencies kemudian tekan OK

5. Setelah itu kita membuat file cpp baru, caranya Klik kanan di Source File > New Item

6. Setelah muncul jendela baru, pilih C++ File (.cpp), beri nama main kemudian klik Add

7. Nah sekarang kitta sudah bisa langsung mengetikkan script, tapi untuk kali ini saya berikan contoh programnya.

#include <GL/glut.h>

void drawLine(int x1,int y1,int x2,int y2) {
glBegin(GL_LINES);
glVertex2i(x1,y1);
glVertex2i(x2,y2);
glEnd();
}

void drawDot(int x,int y) {
glBegin(GL_POINTS);
glVertex2i(x,y);
glEnd();
}

//draw area
void userdraw() {
static int tick=0;

//set warna (R,G,B)
glColor3f(1,0,0);
//menggambar titik menggunakan fungsi drawDot
drawDot(320,280);
drawDot(319,281);
drawDot(319,279);
drawDot(321,279);
drawDot(321,281);

//set warna (R,G,B)
glColor3f(1,1,0);
//menggambar garis
drawLine(0,0,640,480);
drawLine(0,480,640,0);
}

void display(void){
//clear screen
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
userdraw(); //jalankan userdraw()
glutSwapBuffers();
}

int main(int argc, char **argv){
glutInit(&argc,argv);
glutInitDisplayMode(GLUT_DOUBLE|GLUT_RGB);
glutInitWindowPosition(100,100); //posisi windownya di (100,100)
glutInitWindowSize(640,480); //set ukuran window jadi 640×480
glutCreateWindow(“Belajar OpenGL”); //set judul app
glClearColor(1,1,1,0); //set warna background (r,g,b,a)(range 0-1)
gluOrtho2D(0.,640.,0.,480.); //set area menggambar
glutIdleFunc(display);
glutDisplayFunc(display);
glutMainLoop();
return 0;
}

8. Coba compile program diatas, jika berhasil maka akan memunculkan jendela baru seperti berikut :

 

 

Selesai! Selamat ya untuk yang sudah berhasil. Bagi yang belum berhasil jangan menyerah, silahkan bertanya di kolom komentar di bawah ini, Insyaallah saya akan jawab. Terima kasih atas kunjungannya!

 

4 komentar pada “[Tutorial] Membuat titik dan garis dengan OpenGL menggunakan Visual C++ / Visual Studio”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *