Untuk membuat android package (apk), kita membutuhkan Android SDK (Software Development Kit). Android SDK mencakup seperangkat alat pengembangan yang komprehensif. Android SDK terdiri dari debugger, libraries, handset emulator,dokumentasi, contoh kode, dan tutorial.

Pada tutorial ini kita akan menginstall Android SDK yang sudah di bundle dengan Android Studio. Namun, jika kamu hendak menginstall Android SDK nya saja juga tidak apa. Kita akan membutuhkan Android Studio untuk mengedit-edit script dan mengkonfigurasi project ke depannya.

Instalasi Android Studio + SDK

Pertama-tama kunjungi Link berikut. Klik Download Android Studio.

Klik “I have agree…” lalu Download Android Studio for Windows.

Setelah berhasil di download, Double klik untuk menginstall, install seperti biasa. Pada tampilan berikut, pilih semua komponen.

Kemudian pada tampilan berikut set lokasi untuk Android SDK di tempat yang mudah (kalau bisa jangan default atau di appdata).

Setelah itu klik Next dan Finish sampai selesai.

Konfigurasi Android SDK

Sama seperti konfigurasi JDK, kita akan mengedit PATH Variables. Buka kembali tampilan Environment Variable seperti pada tutorial sebelumnya.

Lalu tambahkan %ANDROID_HOME%\tools;%ANDROID_HOME%\platform-tools; di akhir PATH pada User Variables dan System Variables.

Setelah itu klik New pada System Variables dan tambahkan nilai berikut:

Name Value
ANDROID_HOME D:\Android\SDK

[alert-note]Value <D:\Android\SDK> disesuaikan dengan lokasi Android SDK kamu.[/alert-note]

Selesai

Konfigurasi Android SDK selesai, kamu bisa melanjutkan tutorial ini.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *